BLANTERWISDOM101

Rekayasa Perangkat Lunak

Senin, 06 April 2020
Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

Apa itu Rekayasa Perangkat Lunak ? Simak Ulasannya Disini | Kodingin

Pengertian dari Rekayasa Perangkat Lunak adalah disiplin ilmu yang terkait dengan segala aspek tentang proses produksi perangkat lunak atau software, mulai dari tahap awal atau menganalisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari keinginan dan kebutuhan pengguna, desain, pengkodean, pengujian hingga pemeliharaan sistem perangkat lunak setelah digunakan merupakan pengertian dari Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL.

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak atau Software Engineering - Apradiz Blog

Tujuan dari rekayasa perangkat lunak adalah berusaha menghasilkan output atau keluaran yang berkinerja tinggi dengan biaya yang rendah dan waktu penyelesaian yang cepat

Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak

Ancaman Lowongan Kerja Palsu bagi Para Pengangguran yang Hatinya ...

Berikut beberapa ruang lingkup dari Rekayasa Perangkat Lunak

  • Software requirements yaitu rekayasa perangkat lunak ada hubungannya dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.

  • Software design yaitu rekayasa perangkat lunak melakukan proses penentuan arsitektur sistem, komponen sistem, antarmuka sistem, dan karakteristik dari perangkat lunak atau sistem

  • Software construction yaitu rekayasa perangkat lunak ada hubungannya dengan setiap detil pengembangan perangkat lunak atau sistem, seperti algoritma(Algorithm), pengkodean(Coding), pengujian(Testing), dan pencarian kesalahan(Debugging).

  • Software testing atau pengujian pada perangkat lunak meliputi pengujian terhadap keseluruhan karakteristik perangkat lunak.

  • Software maintenance atau pemeliharaan software adalah mencakup upaya-upaya perawatan perangkat lunak ketika perangkat lunak telah digunakan.

  • Software configuration yaitu ada hubungannya dengan usaha terhadap perubahap konfigurasi atau setelan perangkat lunak agar dapat memenuhi kebutuhan tertentu.

  • Software engineering yaitu sesuatu yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran rekayasa perangkat lunak, termasuk membuat perencanaan proyek sistem perangkat lunak.

  • Software engineering tools and methods yaitu segala sesuatu yang mencakup kajian teoritis mengenai alat bantu dan metode rekayasa perangkat lunak.

  • Software engineering process yaitu berkaitan dengan definisi, penerapan, pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan pada proses rekayasa perangkat lunak.

  • Software quality yaitu menitikberatkan pada kualitas  perangkat lunak.

  • Perkembangan Rekayasa Perangkat Lunak

Creating Intuitive Websites - The Web Initiative

Walaupun telah mempunyai sejarah yang cukup lama, akan tetapi dari sisi disiplin ilmu, Rekayasa Perangkat Lunak masih relatif muda dan masih terus berkembang. Perkembangan yang saat ini sedang dilakukan ialah seperti : Agile Software Development, Experimental Software Development, Model-Driven Software Development dan Software Product
Lines.
Share This :

1 Comments