BLANTERWISDOM101

Belajar Bahasa Pemrograman PHP : Kenalan Dulu Yuk!

Senin, 21 Desember 2020

 Hello World!!!.. berjumpa lagi deh kita, oke pada kesempatan kali ini saya akan mengajarkan kalian tentang bahasa pemrograman PHP, jadi bahasa pemrograman pertama yang saya pelajari saat masih aktif dulu itu ya PHP ini, karena bahasa pemrograman ini mudah dipelajari dan dimengerti kok, oke tidak perlu banyak omong, kita langsung ke pembahasan...

    Jadi PHP merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk penciptaan website dinamis sehingga website benar-benar bisa berinteraksi dengan pengguna. PHP memiliki kepanjangan sendiri lho, yaitu Hypertext Preprocessor. PHP ini bahasa pemrograman yang sangat terkenal sampai detik ini membanting beberapa bahasa pemrograman lain, PHP ini memiliki persentase kepopuleran senilai 78.9% mengalahkan pesaingnya ASP.NET sebesar 10.6%.

Sejarah PHP

    Penciptaan bahasa pemrograman ini berawal pada tahun 1994 dengan penciptanya yang bernama Dr. Leonardo Bernart. sebenarnya kepanjangan PHP pertama kali dalam pembentukannya adalah Personal Home Page Tools, kemudian diganti pada saat perilisan PHP 3.0 menjadi Hypertext Preprocessor.

Posisi PHP

    Bahasa pemrograman PHP diciptakan sebagai bahasa pemrograman berjenis server side (untuk informasi saja bahwa bahsa pemrograman berbasis web memiliki 2 jenis yaitu client side dan server side). sebagai contoh jenis dari pemrograman berbasis web client side itu seperti HTML dan CSS karena kedua jenis kode ini di proses oleh komputer pengguna ketika mengakses situs, sebenarnya keduanya kurang tepat untuk disebut sebagai bahasa pemrograman kecuali javascript, javascript juga termasuk kedalam bahsa pemrograman berbasis web dengan jenis client side.
    Nah pasti kalian bertanya masuk ke jenis apakah si PHP ini, YAP! dia masuk ke jenis pemrograman berbasis web server side karena bahsa pemrograman web ini di proses di dalam server dimana situs itu berdiri bukan di proses di komputer pengguna, bahasa pemrograman PHP tidak dapat dijalankan tanpa server.

Cara Kerja PHP

    Cukup sederhana, pemrosesan PHP berawal dari permintaan halaman web yang di minta oleh browser pengguna, selanjutnya sesuai dengan URL di browser pengguna maka browser dengan terhubung ke internet maka mencari alamat yang diinginkan oleh pengguna tersebut di web server, ketika server menemukan halaman yang diminta maka server akan memberikan segala informasi yang dibutuhkan sesuai dengan apa yang diminta oleh pengguna, cara kerja sederhana tersebut diilustrasikan dengan gambar berikut :

Baiklah untuk permulaan pembelajaran sampai sini dulu ya, lebih baik paham perlahan dari pada ngebut tapi akarnya tidak kuat ya kan, sampai jumpa di lain kesempatan, Sayonara!!

Share This :

0 Comments