BLANTERWISDOM101

Komputer : Pengertian, Fungsi, Komponen, Elemen

Senin, 07 Desember 2020

Hellow World!, untuk kamu yang sedang mencari pengetahuan dasar seputar komputer dan masuk kedalam web ini, kamu berada di ruangan yang tepat. Sebelum mahir dalam bidang komputer dan sejenisnya, penulis juga pernah merasa norak atau kampungan kok di depan komputer, inget tuh ya dulu itu saya melihat teman-teman sudah bisa komputer di warnet walau mereka hanya menggunakannya untuk bermain game, saya mengira mereka adalah orang-orang mahir yang paham seluk beluk komputer entah bagian perangkat keras maupun perangkat lunaknya, Jika kalian pernah mengalami seperti apa yang saya alami itu dan kamu memutuskan mencari tau informasi tentang benda bernama komputer di website ini, saya ucapkan selamat anda berada di ruangan yang tepat, baiklah tanpa berbasa-basi langsung ke pembahasan aja yuk!.




Pengertian Komputer


Menurut KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia) mengatakan bahwa komputer adalah alat elektronik yang bekerja secara sistematis dan cermat untuk mengolah berbagai macam data. Seperti data angka, suara dan gambar.

Menurut ahli yaitu Robert H Blissmer ia mengatakan bahwa komputer adalah  suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Jadi dapat disimpulkan secara sederhana kalau komputer itu suatu alat elektronik yang mampu mempermudah kerja manusia dalam mengolah berbagai data angka maupun huruf dan menampilkannya dalam bentuk maya maupun fisik.


Fungsi Komputer


Perlu kalian ketahui bahwa komputer diciptakan mempunyai 3 fungsi utama yaitu :

- Data Processing atau kemampuan dalam mengolah data, yang dimaksud dalam mampu dalam mengolah data adalah komputer diharapkan bisa mengolah data apapun dalam bentuk dokumen, teks, suara, video, gambar dan lain-lain.

- Data Storage atau kemampuan dalam menyimpan data, komputer diharapkan mampu menyimpan atau mengingat data yang telah dimasukan oleh manusia dan data dapat di akses kembali sewaktu-waktu manusia membutuhkannya,

- Data Movement atau kemampuan dalam memindahkan data, komputer diharapkan fleksibel dalam kemampuan pemindahan data dari perangkat komputer ke perangkat apapun yang berbasis serupa atau bersistem serupa.

Elemen Komputer



Agar komputer dapat beroperasi dengan mudah sesuai keinginan penggunanya maka komputer harus memiliki 3 elemen penting yaitu :

- Hardware (Perangkat Keras), yaitu beberapa komponen komputer yang bersifat fisik, dapat dilihat, dan disentuh oleh penggunanya.

- Software (Perangkat Lunak), yaitu program komputer yang berfungsi sebagai jembatan dalam pengoperasian komputer antara pengguna dangan komputer

- Brainware (Pengguna), yaitu manusia yang menggunakan komputer tersebut.

Tanpa kehadiran ketiga elemen tersebut maka komputer tidak akan bisa dioperasikan.

Komponen Komputer



Sederhana sekali bahwa untuk menjadi komputer yang utuh, komputer harus memiliki 3 jenis komponen utama yaitu :

1. Komponen Input / Masukan

Komponen ini bertugas sebagai alat memasukan data atau intruksi dari manusia ke dalam komputer contohnya :

Keyboard 


Nah keyboard ini adalah perangkat keras komputer yang fungsinya sebagai alat memasukan data berupa huruf, angka dan simbol, port keyboard pada umumnya ada 2 yaitu PS2 yang bentuknya lingkaran dan USB yang biasa, pada era sekarang keyboard semakin canggih dengan sudah ada yang tanpa kabel atau biasa disebut wireless, nah menghubungkan keyboard dengan komputer dengan wireless bisa menggunakan konektor USB tanpa kabel.

1) Mouse 

'
Berfungsi sebagai petunjuk perintah di layar yang menghubungkan pengguna dengan sistem komputer, mouse akan menampilkan berupa tanda panah di monitor sebagai petunjuk pengoperasiannya, mouse biasanya memiliki port USB dan PS2 tetapi di zaman sekarang mouse sudah berevolusi menjadi tanpa kabel atau wireless, menghubungkannya sama dengan keyboard wireless yaitu dengan konektor USB tanpa kabel.

2) Trackpad 

Fungsi serupa dengan mouse hanya bentuknya berbeda.

3) Pen

Fungsi serupa dengan mouse hanya bentuknya berbeda terpatnya seperti pulpen.

4) Microphone

Berfungsi sebagai alat masukan suara dari manusia yang akan di terima oleh sistem komputer.

5) Scanner 

Berfungsi sebagai alat pemindai dokumen fisik contohnya foto, tetapi di zaman sekarang scanner biasanya sudah menyatu dengan printer.

6) Camera 

Berfungsi sebagai alat penerima gambar langsung secara nyata ke dalam sistem komputer.

2. Komponen Process / Pemroses

Komponen jenis ini bertugas dalam memproses data yang dimasukan oleh pengguna dan berusaha menampilkannya ke bagian komponen output atau keluaran, contohnya :

1) Processor 

Otak Komputer tugasnya mengatur data yang masuk dan keluar serta menjalankan seluruh fungsi perangkat masukan dan keluaran, prosesor ini berada di motherboard


2) Motherboard 

Motherboard adalah wadah seluruh komponen proses dipasang yang akan menghubungkannya dengan perangkat masukan dan keluaran.


3) Hardisk 

Hardisk merupakan wadah untuk menyimpan atau mengingat data dalam jangka panjang, hardisk ini terdapat dua jenis, ada yang eksternal dan internal. Hardisk eksternal merupakan hardisk yang letaknya diluar motherboard dan dihubungkan ke komputer dengan port USB standar.

4) Memory RAM 

RAM merupakan penyimpanan jangka pendek segala aktivitas yang sedang berlangsung antara pengguna dengan komputernya.

3. Komponen Output / Keluaran

Komponen jenis ini bertugas dalam menampilkan data yang telah dimasukan oleh pengguna dalam bentuk maya ataupun fisik (nyata), contohnya :


1) Monitor 

Monitor berfungsi menampilkan hasil intruksi yang dimasukan oleh pengguna melalui perangkat masukan dalam bentuk maya atau tidak nyata

2) Printer 

Printer berfungsi menampilkan hasil data yang telah diolah komputer kedalam bentuk fisik atau nyata dapat disentuh dan dilihat


3) Speaker 

Speaker berfungsi mengeluarkan suara yang berasal dari komputer berdasarkan intruksi pengguna



Saya kira untuk dasar pengenalan komputer cukup sampai disini, penulis akan menjelaskan lebih detail dan lengkap lagi masing-masing benda yang telah kalian lihat di halaman ini di lain kesempatan
Share This :

1 Comments