BLANTERWISDOM101

Install XAMPP

Selasa, 22 Desember 2020

 Hell O WORLD!!!.. Ketemu lagi deh kita!:v, okray pada kesempatan kali ini kita langsung berkenalan dengan aplikasi untuk menjalankan PHP yaitu XAMPP, kan sebelumnya saya sudah kasih tau kalau PHP ini berjalan jika ada server, nah XAMPP ini berfungsi sebagai aplikasi sistem web server, dan menjalankan PHP. Xampp ini ada kepanjangannya juga lho, X untuk arti bahwa aplikasi ini tersedia untuk berbagai macam sistem operasi di perangkat komputer, A untuk Apache web servernya, M untuk MySQL database server, P untuk PHP dan P terakhir untuk Perl

Menginstall XAMPP

    Untuk pembelajaran seterusnya di dalam ruangan ini, kita harus memakai XAMPP versi 7.2.27 agar jika kedepannya saat kita belajar bersama-sama jika terdapat error yaaa error bareng2 gitu :v, meledug ya meledug bareng-bareng :v,, enggak kok becanda, ga sampai meledug.
    Baiklah dapat dilihat dari versi XAMPP yang akan kita pasang saja versi 7.2.27 maka PHP yang akan digunakan merupakan PHP versi 7.x.x, sepertinya saya tidak perlu menyertakan link download untuk aplikasi XAMPP ini, karena kalian tinggal ketik di kolom pencarian google dengan kata kunci "download xampp versi 7.2.27" maka akan muncul banyak web yang menyuguhkan aplikasi xampp.
    Baiklah jika sudah maka langkah pertama adalah klik 2x pada file aplikasi xampp yang sudah di download dan hasilnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

jika muncul warning seperti itu langsung klik ok saja, maka akan muncul tampilan seperti berikut :

Lalu klik Next dan akan muncul jendela dengan tampilan berikut :
Pada jendela select components disini kita bisa memilik fitur apa saja dari aplikasi XAMPP yang ingin kita pasang atau tidak, untuk pembelajaran saat ini kita centang semua fitur2 seperti di gambar lalu klik Next dan akan muncul jendela dengan tampilan seperti berikut :

Pada jendela tersebut kalian bisa langsung klik next jika menyetujui aplikasi XAMPP akan di pasang di direktori hardisk C jika tidak setuju dan kalian ingin menyimpan aplikasi di direktori lain maka kalian bisa klik ikon folder dengan tanda panah hijau diatasnya dan pilih direktori manapun yang kalian sukai, jika kalian setuju lalu klik Next dan muncul tampilan seperti berikut :

Kalian hilangkan ceklis pada learn more blablabla itu dan langsung klik Next, kemudian muncul tampilan berikut :

Di bagian ini kalian tinggal klik next, dan kalian tinggal menunggu proses instalasi selesai seperti tampilan di bawah :

Ketika proses instalasi selesai maka akan keluar tampilan seperti di bawah ini dan kalian bisa langsung klik Finish.

Ketika sudah klik finish maka akan keluar tampilan baru yang dimana kita harus memilih bahasa apa yang akan di terapkan pada tampilan aplikasi XAMPP, disini saya pilih amerika karena berbahasa inggris

Jika sudah seperti ini tampilan aplikasi Xampp yang akan kita gunakan sebagai media pembelajaran

Jika kalian lihat pada tampilan aplikasi tersebut terdapat 4 tombol start, tombol start pertama akan menghidupkan fitur Apache web server, start kedua akan menghidupkan fitur MySQL database server, kalian klik start untuk kedua fitur itu, lalu kalian buka web browser kalian yaitu Chrome, Mozilla Firefox, Godzila terserah lah :v. oiya tambahan jika disaat kalian klik start kemudian muncul jendela seperti dibawah ini kalian bisa klik allow access saja untuk keduanya.
Nah saat jendela browser kalian terbuka seperti dibawah (saya menggunakan chrome) kalian bisa ketikan pada URL -> http://localhost seperti dibawah ini





jika di browser kalian muncul tampilan seperti saya maka proses instalasi berjalan dengan baik. Tambahan jika kalian ingin memeriksa seperti apa tampilan database MySQL maka di kalian bisa ketik di URL http://localhost/phpmyadmin



Persiapkan Browser Tercintah

    Setelah dilakukan pemasangan XAMPP maka selanjutnya kalian bisa menyiapkan browser di laptop atau komputer kalian, bagi yang gatau browser itu apa sederhananya gini, browser ini aplikasi untuk kalian melakukan browsing itu yang biasa kalian buka untuk searching di internet, seperti Chrome, Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Browser ini digunakan untuk menampilkan hasil dari pembelajaran bahasa program PHP kita nantinya.

Persiapkan Aplikasi Text Editor

    Yang terakhir ini adalah kalian harus mempersiapkan aplikasi text editor, bagi yang belum tau text editor itu apa, text editor digunakan untuk nantinya kita menuliskan kode program kita dan menyimpannya dalam bentuk format yang sesuai dengan bahasa program yang ditulis. contoh dari aplikasi text editor adalah seperti notepad, notepad++, dreamweaver, komodo edit dan sublime text.

Baiklah sekian dulu artikel klali ini.




Share This :

0 Comments