BLANTERWISDOM101

Mengenal Software (Perangkat Lunak) Komputer

Jumat, 18 Desember 2020

Hellou World!!!, jumpa lagi di ruangan terbaik untuk belajar komputer menuju mahir, saya ucapkan selamat dulu kepada kalian yang telah memahami materi dasar untuk memulai komputer, jika kalian masih belum benar-benar paham materi Komputer : Pengertian, Fungsi Komponen, dan Elemen maka pahami dulu materi tersebut, resapi juga, karena jika akarnya tidak kuat maka pohon besar pun bisa tumbang dengan mudah, benar kan?. jadi pahami dengan baik materi Komputer : Pengertian, Fungsi Komponen, dan Elemen maka kalian bisa lanjut ke materi ini.

Baiklah tanpa berbasa-basi lagi, langsung ke pembahasan yuk!

Pengertian Perangkat Lunak

Menurut ahli yaitu Melwin Syafrizal Daulay, ia mengemukakan bahwa perangkat lunak adalah perangkat yang tidak berwujud yang terletak di dalam sistem komputer dimana sebagai pengatur aktifitas kerja saat mengoperasikan komputer, dengan menggunakan bahasa mesin maka perangkat lunak dapat menghubungkan antara Brainware atau pengguna dengan komputer.

Jika merujuk pada sumber lain menurut wikipedia perangkat lunak atau piranti lunak adalah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.

Dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak adalah istilah untuk bagian komputer yang tidak dapat disentuh yang memiliki tugas sebagai penghubung antara perintah dari pengguna ke dalam sistem komputer yang rumit.

Sejarah Perangkat Lunak

Era Pemula pada era pemula ini wujud dari perangkat lunak pada dasarnya adalah sambungan beberapa kabel yang t\dihubungkan ke bagian dalam komputer,

Era Stabil di era stabil ini sudah mulai banyak yang menggunakan komputer, yang sebelumnya komputer hanya bisa digunakan diantara kalangan peneliti dan akademi di era stabil ini industri dan perusahaan juga menggunakan komputer.

Era Mikro perkembangan perangkat lunak pada era mikro ini perangkat lunak sudah mulai menjalankan tugas dalam mengatur internal dan perangkat lunak aplikasi yang bisa digunakan secara langsung oleh pengguna untuk keperluan tertentu.

Era Modern perangkat lunak pada era ini sudah semakin canggih dari sisi desain sudah semakin modern, dari sisi kinerja sudah lebih mempermudah pengguna, dan dari segi fitur sudah semakin banyak sehingga pengguna semakin terbantu untuk pekerjaannya sehari-hari.

Fungsi Perangkat Lunak

Fungsi perangkat lunak yaitu sebagai jembatan penghubung antara pengguna dengan perangkat keras komputer dan bertugas untuk mengolah data atau perintah yang diinginkan pengguna sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jenis Perangkat Lunak

Terdapat 10 jenis perangkat lunak sebagai berikut :

1. Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang secara langsung menjalankan tugas yang di perintah oleh pengguna. Contoh dari perangkat lunak jenis ini adalah aplikasi pengolah kata dan angka seperti Microsoft Office Excel, Word, Chrome, Adobe Premiere Pro

2. Alat Pengembangan Perangkat Lunak

Perangkat lunak jenis ini biasanya di fungsikan untuk membuat, merawat, mengembangkan dan mencari celah perangkat lunak lainnya, contoh dari perangkat lunak jenis ini adalah Pascal.

3. Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengontrol perangkat keras, sistem operasi inilah sebagai dasar sistem dalam menjalankan perangkat lunak aplikasi yang telah dijelaskan, jenis perangkat lunak ini sangat penting pada komputer, tanpa perangkat lunak sistem operasi maka pengguna tidak mungkin menjalankan perangkat lunak lain di komputer mereka, contoh perangkat lunak jenis ini adalah sistem operasi Windows, Linux, iOS, Android dan Mac OS X.

4. Pengontrol Perangkat Keras

Perangkat lunak jenis ini dapat disebut juga "Driver" perangkat lunak ini merupakan penghubung langsung dengan perangkat keras di komputer, contohnya adalah menghubungkan printer dengan komputer, untuk menghubungkan keduanya maka harus menggunakan perangkat lunak driver.

5. Firmware

Perangkat lunak firmware ini merupakan istilah perangkat lunak yang tersimpan di dalam memori yang hanya bisa di baca atau read only, contoh dari perangkat lunak firmware ini adalah ROM BIOS yang letaknya di motherboard komputer, contoh sederhana lain firmwarre biasanya dipasang di dalam jam tangan digital.

6. Perangkat Lunak Bebas

Richard stallman telah memberikan istilah free software atau perangkat lunak bebas yang artinya adalah jenis perangkat lunak yang bebas digunakan. pengguna bebas menggunakan, mengubah dan mempelajari perangkat lunak yang masuk golongan ini tanpa harus meminta izin kepada siapa pun. Contoh dari perangkat lunak jenis ini adalah sistem operasi Linux, Ubuntu, Debian dan lain-lain, di kategori multimedia terdapat perangkat lunak VLC, Amarok dan lain-lain.

7. Perangkat Lunak Gratis

Perangkat lunak jenis ini merupakan perangkat lunak yang memiliki hak cipta namun gratis digunakan oleh siapapun tanpa batas waktu, perangkat lunak jenis ini sangat berbeda dengan perangkat lunak jenis shareware yang penggunanya di haruskan membayar.

8. Perangkat Lunak Uji Coba

Perangkat lunak jenis ini mengharuskan pengguna untuk membayar, biasanya pengguna diberikan batas waktu untuk mencoba perangkat lunak jenis ini sebelum membeli lisensi versi lengkap.

9. Perangkat Lunak Perusak

Perangkat lunak jenis ini adalah perangkat lunak yang paling tidak disukai oleh pengguna manapun dan merupakan perangkat lunak paling merugikan diantara perangkat lunak lain, perangkat lunak ini dibuat bertujuan untuk merusak sistem komputer pengguna lain, perangkat lunak perusak bisa disebut juga dengan istilah virus komputer.


10. Perangkat Lunak Sumber Terbuka

Perangkat lunak sumber terbuka ini merupakan perangkat lunak yang terbuka untuk di modifikasi, pelajari dan ditingkatkan. biasanya perangkat lunak jenis ini dikembangkan oleh komunitas dan pada dasarnya bahwa semua perangkat lunak bebas atau free software adalah perangkat lunak yang sumbernya terbuka, tetapi sebaliknya perangkat lunak sumber terbuka belum tentu perangkat lunak bebas.






Share This :

0 Comments